Bank Penyalur KUR 2018 dan Lembaga Pembiayaan

Bank Penyalur KUR 2018 – Meski belum ditetapkan secara resmi program kredit usaha rakyat tahun ini rencananya akan diberikan dengan bunga 7% per tahun bagi UMKM di Indonesia. Pada akhir tahun 2017 yang lalu ada sinyal-sinyal jika program kredit produktif tersebut akan diprioritaskan bagi usaha bidang produksi pangan atau pertanian dan perikanan. Terlebih Presiden Jokowi berharap ada skema khusus penyaluran KUR 2018 bagi petani agar tingkat kontribusi nya dirasakan seluruh petani di Indonesia.

Skema dan mekanisme penyaluran KUR 2018 ada kemungkinan mendapatkan penyempuranaan dari skema penyaluran sebelumnya termasuk adanya penambahan lembaga keuangan baik Bank, Koperasi, maupun Lembaga Pembiayaan sebagai penyalur kredit usaha rakyat. Di bawah ini kami sajikan informasi mengenai daftar lembaga keuangan yang diamanati untuk menyalurkan dana KUR 2018.

Daftar Bank Penyalur KUR 2018

Berdasar keputusan Komite Penyaluran KUR lebih daru 30 perbankan ditunjuk dan serta mendapatkan ijin sebagai penyalur program kredit usaha rakyat 2018. Tabel di bawah ini merupakan lembaga keuangan perbankan yang berperan sebagai penyalur KUR.

NOBankNoBank
 1BRI23Bank Jambi
 2Bank mandiri24Bank Kalbar
 3BNI25Bank Kalsel
 4Bank Sinarmas26Bank NTB
 5Maybank27Bank Sumselbabel
 6Bank Bukopin28Bank Papua
 7BTPN29Bank lampung
 8OCBC NISP30BRI Syariah
 9Bank Permata31Bank Bukopin
10Bank Panin32BTPN
11BCA33OCBC NISP
12Bank Artha Graha34Maybank Indonesia
13BPD Kalbar35Bank Permata
14BPD NTT36Bank Panin
15BPD Bali37BCA
16BPD DIY38Bank Artha Graha
17BPD Sulselbar39Bank Sinarmas
18Bank Jateng40BPD Bali
19BPD Sumatra Utara41BPD DIY
20Bank Jatim42Bank Sulselbar
21BPD Sumbar43Bank Jateng
22BPD Riau Kepri44Bank Sumut

Daftar bank penyalur KUR di atas merupakan sekian banyak lebaka keuangan perbankan yang mendapatkan ijin melakukan penyaluran KUR, ada yang melakukan penyaluran KUR Mikro, Kur Ritel, KUR TKI, dan ada pula yang menyalurkan ketiga jenis kredit tersebut serta KUR khusus bagi perusahaan ekspor.

Daftar Lembaga Pembiayaan Penyalur Kredit Usaha Rakyat

Berikut dapat lembaga keuangan non perbankan penyalur KUR 2018 yang bisa menjadi alternatif bagi anda yang berkeinginan mengajukan kredit modal kerja dan investasi di tahun ini.

NoLembaga Pembiayaan
1BCA Finance
2Adira Dinamika Finance
3Mega Central Finance
4Federal International Finance
5FIF

Calon Penyalur KUR Khusus Komoditas Eks KKPE

Sementara itu jika kita tilik ke belakang pemerintah memiliki program kredit khusus ketahanan pangan yakni KKPE yang beberapa waktu lalu ditiadakan. Sebagai antisipasi sekaligus pengalihan program pemerintah juga mengkaji beberapa perbankan skala daerah untuk menyalurkan program KUR khusus komoditas KKPE. Berikut daftarnya.

NoBank
 1PT. BRI Agroniaga
 2PT BPD Sumatera Barat
 3PT BPD Sumsel Babel
 4PT BPD Jabar dan Banten
 5PT BPD Jatim
 6PT BPD Kalsel
 7PT BPD Riau Kepri
 8PT BPD NTB
 9PT BPD Jambi
10PT BPD Lampung
11PT BPD Papua

Calon penyalur KUR eks KKPE di atas bisa mnjadi alternatif bagi anda yang tinggal di daerah-daerah tertentu. Hal yang perlu anda ketahui yakni penyaluran KUR Eks KKPE ini khusus diberikan bagi pelau usaha bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan beberapa jenis usaha lain sesuai ketentuan. (Simak Juga: Tabel Angsuran KUR BRI)

Lembaga Penjaminan

Lembaga penjaminan kredit menjadi salah satu pelaksana Kredit Usaha Rakyat yang berperan melakukan pengawasan dan penilaian terhadap lembaga penyalur baik perbankan maupun non perbankan sekaligus berperan sebagai penjamin pemberian kredit. Adapun daftar lembaga penjamin KUR dapat kita lihat di bawah ini.

NoLembaga Penjamin
1PT Askrindo
2Perum Jamkrindo
3PT. UAF Jaminan Kredit
4PT. Jamkrida Riau (Dalam Proses)
5PT. Jamkrida Sumatera Selatan (Dalam Proses)
6PT. Jamkrida Bangka Belitung (Dalam Proses)
7PT. Jamkrida Jawa Tengah (Dalam Proses)
8PT. Jamkrindo Syariah (Dalam Proses)

Selain daftar bank penyalur KUR 2018 dan lembaga keuangan non perbankan di atas pemerintah juga tengah mengkaji terhadap koperasi yang layak menjadi penyalur program KUR yang nantinya juga akan diamanati sebagai pinjaman. Untuk itu simak informasi selanjutnya di halaman ini setelah ada pernyataan resmi dari Komite KUR.

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: 

Menjadi marketing bukanlah suatu hal yang buruk. Bahkan dari sini aku menemukan banyak hal yang tidak bisa aku dapatkan dimanapun. Panggil aku Anita sapaan akrab nan hangat.